ADMIRAL BE PERMATA FT-UH

27926

Kualitas air yang digunakan sehari-hari sangat mempengaruhi tingkat kesehatan dan produktivitas kerja masyarakat. Namun, masyarakat tidak begitu peduli dengan kualitas air yang mereka konsumsi dan mereka gunakan untuk keperluan sehari-hari. Pengujian dan sosialisasi kualitas air perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai kualitas air dari berbagai sumber air di Kecamatan Bontomarannu dan kelayakan peruntukannya. Dengan adanya pengujian dan sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengetahui bagaimana kualitas air yang layak untuk dikonsumsi dan digunakan untuk keperluan sehari-hari lainnya serta keperluan pertanian, peternakan, dan sebagainya.

Persatuan Mahasiswa Tambang Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (PERMATA FT-UH) sebagai organisasi kemahasiswaan memiliki kewajiban untuk mewadahi anggota PERMATA FT-UH dalam memenuhi tri dharma perguruan tinggi, khususnya untuk mengabdi kepada masyarakat. Menyikapi permasalahan di atas, Kompartemen penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai mediator kegiatan pengabdian dan pengembangan masyarakat bagi anggota PERMATA FT-UH mengajukan kegiatan yang diberi nama “Actualization and Dedication Of Mining Engineering In Water Quality Analysis (ADMIRAL)”. ADMIRAL diharapkan dapat menjadi wadah bagi anggota PERMATA FT-UH untuk mengabdi dan mengembangkan masyarakat di lingkungan sekitar Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Gowa khususnya masyarakat Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.

ADMIRAL terdiri dari tiga item kegiatan, yaitu:

1. Uji Kualitas Air

Uji kualitas air dilakukan di Laboratorium Lingkungan Tambang Departemen Teknik Pertambangan Unhas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2018. Sampel air yang diambil berasal dari:

  • Perumahan Teknik Bontomarannu Gowa
  • Belakang Lapangan Bola Manggis Kompleks EX PKG, Gowa
  • Pasar Balang-balang Kelurahan Borongloe, Gowa
  • Jalan Cendana, Belakang SMAN 8 GOWA

uji admiral3 uji admiral uji admiral 2

2. Bakti Sosial dilaksanakan pada Sabtu, 20 Oktober 2018 pukul 08.00 – 09.00 WITA bertempat di area sekitar Pasar Balang-balang, Kabupaten Gowa.

baksos baksos2 baksos3

3. Sosialisasi hasil uji kualitas air dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018 pukul 09.00 – 12.00 WITA bertempat di Aula Gallagalarang Kelurahan Borongloe, Kabupaten Gowa. Konten pada sosialisasi ini adalah pemaparan hasil uji kualitas air yang dilakukan oleh saudara Aditya Anugrah (Mahasiswa Departemen Teknik Pertambangan Unhas)

adit

Dilanjutkan dengan materi penjernihan air sederhana oleh Bapak Eka Kurniawan, S.Si. selaku kepala laboratorium IPAL Somba Opu.

eka

Setelah materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari warga sekitar dengan pemateri.

 

Dan penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan kelurahan Borongloe, Kabupaten Gowa yang diwakili oleh Kepala LPM Kel. Borongloe

kel

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan bernilai ibadah bagi kita semua. Aamiin.

Hidup Teknik!

Jayalah PERMATA!

Dig The Past For Brighter Future!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>